Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Jalan Frans Lebu Raya, Mantan Gubernur NTT Meninggal Dunia di Denpasar Bali

MEDIAPORTALBERITA.COM-Masyarakat NTT berduka. Minggu (19/12/2021), mantan Gubernur NTT Frans Lebu Raya meninggal dunia.

Lebu Raya meninggal dunia di Rumah Sakit Sanglah Denpasar, Bali. Kabar duka ini disampaikan langsung Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital DPD PDIP NTT, Gusti Brewon.

Info duka ini disampaikan melalui media sosial dan juga di grup whatsapp. Hingga berita ini diterbitkan, tim redaksi masih mencoba menghubungi pihak keluarga. 

Kabar meninggalnya mantan gubernur Ntt ini dikonfirmasi oleh beberapa pejabat lingkup pemerintah Provinsi Ntt.

"Berita duka Ntt,Mantan gubernur Bapak Frans Lebu Raya menghembuskan nafas terakhir di Rs Bali,Minggu 19/12/2021 Tulis Kadis P dan K Provinsi NTT,Linus Lusi di Grub Whatsapp ata Lembata Kupang.

Frans Lebu Raya lahir di Pulau Adonara, 18 Mei 1960. Pria berusia 56 tahun ini adalah Gubernur Nusa Tenggara Timur yang terpilih sejak 2008. Menggantikan Gubernur Nusa Tenggara Timur sebelumnya, Piet Tallo, Frans dipercaya menduduki jabatan selama dua periode, yakni 2008 – 2013 dan 2013 – 2018. Sebelumnya, dia merupakan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur periode 2003 hingga 2008.

Frans mulanya dikenal sebagai pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat. Akan tetapi, ketika terjadi perubahan politik di negeri ini saat reformasi tahun 1998, Frans mulai tampil ke panggung politik. Bersamaan dengan menguatnya sosok Megawati di tingkat pusat, di NTT Frans dengan beberapa kawannya mulai bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Frans di berbagai kesempatan mengatakan, karier politik yang sekarang diraihnya merupakan hasil investasi dari segudang pengalaman pahit. Latar belakangnya sebagai anak petani di kampung, kata Frans, telah turut mewarnai sepak terjangnya baik sebagai politisi maupun sebagai pejabat publik. Itu membuat karakternya dekat dengan orang kecil dan sederhana.

Dengan spirit pro rakyat itulah Frans menetaskan program yang diberi nama Anggaran Untuk Rakyat Menuju Sejahtera (Anggur Merah). Program Desa Mandiri Anggur Merah diluncurkan Frans Lebu Raya pada HUT ke-53 NTT pada 20 Desember 2010. Tujuannya membantu rakyat dengan memperkuat kesejahteraan keluarga dari sisi ekonomi.

Sebelumnya, pada Agustus 2015 Frans mendapatkan tanda kehormatan berupa Bintang Tanda Jasa Utama di bidang koperasi dari Presiden Jokowi yang diterimanya di Istana Negara. Akan tetapi, penghargaan tersebut dipertanyakan oleh sejumlah pihak sebab dinilai keliru. Penilaian untuk memberikan penghargaan kepada Frans harus dilihat dari berbagai aspek. Sebab, berbagai program unggulan pemerintah Provinsi NTT justru tidak menjawab persoalan di masyarakat, seperti kelaparan, gizi buruk, kekeringan dan infrastruktur.